Benarkah Mesin Pajero Sport Sama dengan L300?

blog

Benarkah Mesin Pajero Sport Sama dengan L300?

  • Post by Admin

Belakangan ini, muncul perdebatan menarik di media sosial tentang mesin Mitsubishi Pajero Sport yang katanya sama dengan mesin Mitsubishi L300. Banyak yang mencibir dan menganggap Pajero hanya L300 yang diberi tampilan lebih gagah. Tapi, apakah benar demikian? Yuk, kita bahas faktanya secara lengkap!

Persamaan Mesin Pajero Sport dan L300
Secara mengejutkan, ada benarnya bahwa mesin Pajero Sport dan L300 mirip. Keduanya menggunakan kode mesin yang sama, yaitu 4D56. Artinya, secara blok mesin, keduanya memang identik. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar pernyataan bahwa mesin Pajero Sport “sama” dengan L300. Namun, kemiripan ini tidak berarti kedua mesin benar-benar identik dari segala sisi. Ada perbedaan penting yang membuat performa dan teknologi kedua mobil ini sangat berbeda.

Perbedaan Mesin Pajero Sport dan L300
Berikut ini beberapa perbedaan utama antara mesin Pajero Sport dan L300:

Teknologi Injeksi

- Pajero Sport sudah menggunakan Common Rail Injection.

- L300 masih menggunakan sistem injeksi konvensional (jadul).

Kontrol Elektronik

- Pajero dilengkapi dengan ECU (Electronic Control Unit) yang mengatur pembakaran dan performa.

- L300 tidak memiliki fitur ini.

Turbo dan Intercooler

- Pajero Sport sudah dilengkapi Turbo + Intercooler.

- L300 tidak memiliki fitur ini.

Kekuatan Mesin

Tenaga mesin Pajero Sport hampir dua kali lipat lebih besar dibandingkan L300. Namun konsumsi bahan bakar keduanya relatif mirip, bahkan Pajero bisa lebih irit berkat teknologinya.

Kenapa Mitsubishi Gunakan Mesin L300 untuk Pajero?
Penggunaan mesin serupa bukanlah hal baru di dunia otomotif. Banyak pabrikan mobil dan motor menggunakan satu basis mesin untuk beberapa model berbeda. Contohnya:

Toyota: Avanza, Xenia, Yaris, hingga Sienta menggunakan mesin tipe NR.

Yamaha & Honda: Beberapa motor seperti Vixion, CBR, Sonic, dan MX King juga berbagi basis mesin.

Tujuannya adalah efisiensi produksi. Mengembangkan mesin baru dari nol sangat mahal. Jika pabrikan bisa menggunakan blok mesin lama yang terbukti tangguh, lalu dikembangkan dengan teknologi terbaru, maka harga jual mobil bisa ditekan. Itulah yang dilakukan Mitsubishi.

Mesin Pajero Sport Kini Sudah Berubah. Meski awalnya menggunakan mesin 4D56, kini Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar sudah beralih ke mesin baru berkode 4N15. Apa saja keunggulannya?

Kompresi Lebih Rendah: Dari 17:1 (4D56) menjadi 15,5:1 (4N15), yang membuat pembakaran lebih efisien dan tenaga lebih optimal.

Bobot Lebih Ringan: Blok mesin dari aluminium membuat mesin baru ini 30 kg lebih ringan.

Teknologi MIVEC: Mesin baru sudah dilengkapi dengan Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system.

Dengan begitu, anggapan bahwa Pajero Sport "cuma" L300 yang dimodifikasi sudah tidak relevan lagi, terutama untuk model terbaru.

Kesimpulan
Jadi, apakah benar mesin Pajero Sport sama dengan L300? Secara kode dan blok mesin, ya, ada kesamaan. Tapi teknologi, performa, dan fitur jelas berbeda jauh. Apalagi, mesin terbaru Pajero Sport sudah menggunakan generasi yang benar-benar berbeda.

https://otomotifnet.gridoto.com/read/233590616/senggol-dong-mitsubishi-new-colt-l300-pakai-mesin-pajero-ini-kata-pengguna

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomoti


02

MAY