Peti Kemas, Media yang bisa digunakan Berbagai Moda Transportasi

blog

Peti Kemas, Media yang bisa digunakan Berbagai Moda Transportasi

  • Post by Admin

Peti Kemas atau Container adalah peti atau kotak yang memenuhi persyaratan teknis sesuai dengan International Standard Organization (ISO). sebagai alat atau perangkat pengangkutan barang yang bisa digunakan diberbagai moda, mulai dari moda jalan dengan truk peti kemas, kereta api dan kapal peti kemas laut. Dalam kebutuhan logistik, khususnya untuk proses impor dan ekspor, penggunaan peti kemas sangat diperlukan dalam proses pendistribusian yang membutuhkan jumlah besar dan membutuhkan perjalanan yang jauh, maka peti kemas menjadi pilihan utama. Dalam sejarahnya, bahwa peti kemas hadir akibat tingginya tuntutan efisiensi pekerjaan dalam pendistribusian dan pengangkutan barang di tahun 1956, saat itu seorang pengusaha transportasi yang berasal dari Amerika bernama Malcom McLean yang di juluki bapak peti kemas, membuat peti kemas generasi pertama, yang didesain secara khusus agar lebih mudah dipindahkan dari kereta Api, dari Truk, bahkan dari kapal secara lebih cepat, serta didesain secara khusus untuk meringankan proses mobilitas.

Dengan kehadiran peti kemas, maka barang yang berada didalam tidak perlu dibongkar ataupun dipindahkan.dan sejak saat itulah, mulai banyak bermunculan inovasi-inovasi serta varian bentuk ataupun bahan pembuatannya. biasanya ketika akan diangkut oleh truk atau tractor head, peti kemas akan dikombinasikan oleh trailer yang biasa disebut flatbed trailer.
dimana trailer ini akan menopang dari peti kemas yang akan diangkutnya. namun, peti kemas tidak di letakan begitu saja pada trailer, melainkan menggunakan sistem penguncian dengan twist lock pada trailer, jadi twist lock ini memang sudah menyatu pada trailernya.
dan jika kita perhatikan di setiap sudut peti kemas memiliki sebuah lubang. nah pada lubang tersebutlah twist lock nantinya akan di kaitkan, dengan menarik tuas twist lock, yang jika awalnya menghadap utara, bisa menghadap ke timur, sehingga peti kemas akan terkunci.
dan ada pula yang menggunakan sasis trailer yang mempunyai tajuk.

Seperti bentuk pembatas, agar peti kemasya tidak bergeser kesana kemari tapi tetap di tempatnya, biasanya ada yang menyebutnya sasis bertajuk atau kuping sasis.
hal tersebut digunakan untuk faktor keamanan, supaya ketika truk melaju di jalan, peti kemas tidak bergeser kemana mana, karna jalan yang di lalui truk pastinya tidak selalu mulus.Peti kemas memiliki standarisasi dengan berat maksimum muatan kering ukuran 20 feet adalah 24Ton,dan untuk 40 feet adalah 30.5Ton. Sehingga berat muatan bersih/payload yang bisa diangkut adalah 21.8Ton untuk 20 Feet. dan 26.7Ton untuk 40 feet. selain itu, peti kemas juga memiliki banyak jenis dengan macam yang berbeda, dengan fungsinya masing masing.

https://www.mtlogistik.co.id/2015/11/09/mengenal-peti-kemas-kontainer-referensi-logistik-indonesia/


#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

23

FEB