Sejarah PO ALS: Sang Pelopor Bus Jarak Jauh di Indonesia

blog

Sejarah PO ALS: Sang Pelopor Bus Jarak Jauh di Indonesia

  • Post by Admin

ALS (Antar Lintas Sumatera) adalah nama yang tidak asing lagi, terutama bagi masyarakat Sumatera dan Jawa. Dikenal sebagai "Raja Paket" karena sering mengangkut barang bersama penumpang, PO ALS menjadi salah satu pionir transportasi darat jarak jauh di Indonesia.

Didirikan pada 29 September 1966 di Kota Nopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara, ALS awalnya melayani rute dari Nopan ke Medan dengan armada seperti Dodge dan Chevrolet. Melihat animo masyarakat yang besar, ALS kemudian memindahkan pusat operasinya ke Medan dan memperluas rute ke berbagai kota di Sumatera, seperti Banda Aceh, Padang, Pekanbaru, hingga Bandar Lampung.

Di era 70-an, ALS mulai merambah Pulau Jawa, menjangkau kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Bahkan, ALS pernah membuka trayek hingga ke Bali. Dengan medan yang berat, ALS memilih sasis Mercedes-Benz yang tangguh untuk armadanya, pilihan yang masih bertahan hingga kini.

Menariknya, bus-bus ALS tidak dimiliki oleh satu orang. Setiap bus adalah titipan dari berbagai keluarga besar, dengan kode nomor pada pintu yang menunjukkan pemiliknya. Misalnya, kode nomor 1 dimiliki oleh ketua PO ALS, sementara nomor lainnya menunjukkan pemilik yang berbeda.

Kini, di usianya yang hampir 58 tahun, ALS tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan memperbarui armadanya. Rute Medan-Jember, yang merupakan salah satu trayek terjauh di Indonesia dengan jarak sekitar 2.900 km, masih dipertahankan. Meskipun banyak pesaing dengan bus yang lebih mewah dan cepat, ALS tetap memiliki tempat di hati pelanggannya.

Siapa yang pernah naik bus ALS, atau bahkan sudah merasakan rute terjauhnya?

https://www.inews.id/otomotif/niaga/sejarah-bus-als-dibangun-7-saudagar-bersaudara-po-dengan-trayek-terjauh-di-indonesia

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

18

OCT