Cara Kerja Sistem Powertrain, Pengubah Tenaga Mesin Ke Roda!

blog

Cara Kerja Sistem Powertrain, Pengubah Tenaga Mesin Ke Roda!

  • Post by Admin

Power train adalah serangkain struktur penggerak yang terdapat dalam sebuah kendaraan.
Power Train juga merupakan suatu sistem yang berguna untuk meneruskan tenaga putar dari mesin ke roda penggerak kendaraan.

Untuk dapat menjalankan tugasnya dengan sempurna, Power Train memiliki beberapa Komponen yang saling terhubung agar bisa bekerja meneruskan tenaga putar ke roda penggerak, sistem ini terdiri dari banyak komponen. Akan tetapi secara umum, komponen utama power train terdiri dari 4 komponen yaitu :
Kopling, Transmisi, Propeller shaft dan Final Gear

1. Kopling / Clutch
Kopling adalah perangkat mekanis yang bertugas untuk memutus dan juga menghubungkan tenaga dari mesin ke bagian gigi transmisi.
secara umum cara kerjanya dapat dibedakan pada dua kondisi, ketika pedal kopling ditekan, kopling akan memutus putaran dari mesin ke transmisi.
Dalam kondisi ini, release fork menekan release bearing sehingga tidak ada lagi putaran mesin yang dilanjutkan ke transmisi.
sementara pada saat pedal dilepaskan, kopling akan bekerja dengan cara menghubungkan langsung antara putaran mesin dengan transmisi.

2. Transmisi
Transmisi merupakan komponen untuk mengendalikan tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin yang dialirkan ke kopling menuju ke poros propeller.
sistem pada transmisi berfungsi untuk mengkonversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir. Konversi ini mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya.
Transmisi sendiri, memiliki berbagai macam jenis dan variannya, seperti misalnya transmisi manual atau otomatis.

3. Propeller Shaft
Propeller shaft merupakan komponen power train yang berfungsi untuk meneruskan tenaga putaran dari transmisi ke final gear atau gardan.
Komponen ini memiliki bentuk berupa batang baja berlubang dan pada bagian ujungnya terdapat komponen universal joint, yang berfungsi untuk menyeimbangkan kendaraan saat melaju di jalan bergelombang
saat roda bergerak naik turun, maka propeller shaft juga akan memanjang dan memendek.

4. Final Gear / Gardan
Final gear atau differential merupakan komponen power train yang berfungsi mengubah kecepatan tenaga putar dari propeller shaf. Komponen ini juga berguna untuk memperbesar torsi yang kemudian didistribusikan ke roda-roda yang ada di kanan dan kirinya.

Kinerja Power train sangat dipengaruhi oleh komponen yang ada di dalamnya. Maka dari itu, agar bisa bekerja dengan optimal, maka semua komponennya harus dipastikan dalam kondisi yang bagus dan terawat.

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/power-train-adalah

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

16

FEB