Tips Mengemudi Aman Ketika Malam Hari

blog

Tips Mengemudi Aman Ketika Malam Hari

  • Post by Admin
Sobat Kamoto,  Menyetir di malam hari arena cenderung memiliki risiko kecelakaan lebih besar dan banyak orang masih acuh. Karena visibilitas yang gelap membuat jarak pandang menjadi berkurang. Agar Sobat terhindar dari kecelakaan, simak beberapa tips berikut ini.
1. Gunakan Lampu Depan Dengan Benar
Ketika malam usahakan kita menggunakan lampu rendah saja Sob. Menggunakan lampu jauh saat berkendara di malam hari sangat mengganggu pengendara lain dan dapat berpotensi kecelakaan. Gunakan lampu jauh hanya ketika melewati jalan yang sangat gelap dan tidak ada pengendara lain di depan atau di belakang kita dan untuk memberikan isyarat ketika kita hendak menyalip kendaraan di depan.
2. Kecilkan Suhu AC
Suhu udara luar pada malam hari sangat berbeda dengan siang hari. Sebaiknya Sobat mengecilkan suhu AC dalam kabin agar tidak kedinginan ketika menyetir di malam hari. Usahakan juga AC tersebut tidak langsung diarahkan ke bagian tubuh seperti wajah, badan, tangan, dan kaki.
3. Waspada Kondisi Sekitar
Visibilitas yang kurang baik menjadi alasan utama mengapa kita harus lebih waspada. Jika siang hari jarak pandang mungkin bisa terlihat hingga 200 meter ke depan. Namun saat malam hari, jarak pandang mungkin saja hanya 100 meter hingga 150 meter saja ke arah depan. Jarak tersebut juga tentunya harus dibantu dengan lampu jauh agar benar-benar terlihat.
4. Menjaga Kecepatan
Jangan beralasan ingin cepat sampai di rumah karena sudah merasa lelah dengan aktivitas. Sebaiknya jaga kecepatan dengan mobil di depan ketika berkendara di malam hari. Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan hal tersebut. Usahakan berkendara tidak melebihi kecepatan 110 km/jam ketika di jalan tol. Dan dijalan biasa usahakan tidak lebih dari kecepatan 60 km/jam agar terhindar dari kecelakaan.
5. Berhenti Jika Mengantuk
Dalam perjalanan jarak jauh sebaiknya tak perlu memaksakan diri. Jika sudah merasa mengantuk sebaiknya menepi untuk beristirahat secukupnya. Beristirahat bisa dengan cara tidur, minum kopi untuk membuat rileks, atau meregangkan otot tubuh yang mulai kaku akibat berkendara.

17

JUN