Tentang Oli Mobil Yang Jangan Sampai Salah Kaprah

blog

Tentang Oli Mobil Yang Jangan Sampai Salah Kaprah

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Mengganti oli mobil secara sebenarnya mudah dilakukan oleh pemilik kendaraan. Namun tidak sedikit yang salah kaprah soal perawatan pada bagian-bagian yang membutuhkan pelumas yang kerap dianggap simpel ini. Berikut sejumlah hal secara khusus mengenai perawatan oli.


1. Mobil Jarang Dipakai
Jika mobil memiliki MID yang selalu jadi reminder atau pengingat ganti oli, di samping aturan pada buku manual. Informasi penggantian di MID menjadi penting karena oli tetap harus dipantau sekalipun mobil jarang dipakai seperti di era pandemi.


2. Oli Bukan Cuma untuk Mesin
Oli berarti adalah pelumas, dan hal tersebut tidak berarti hanya untuk mesin. Oli sebagai pelumas mekanisme di dalam mobil ada banyak macamnya ya Sob. Pelumas mesin, pelumas rem, pelumas transmisi dan gardan, pelumas power steering.


3. Dikira Tambah Performa
Saat ini terdapat banyak tawaran yang menarik untuk produk pelumas. Namun, yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi di buku panduan. Jadi, pakai oli yang sesuai panduan di buku servis. Jangan coba-coba karena kita ingin mengooptimalkan program garansi di kendaraan kita Sob.


4. Oli Menetes
Oli menetes tidak bisa ditolak adalah petaka dari perawatan kendaraan. Namun adakalanya justru hal ini disikapi dengan salah. Kalau ada oli netes, jangan ditambahin olinya ya Sob. Oli menetes itu indikator penting kebocoran dimulai. Titik rembesan itu pasti lama-lama makin membesar. Jangan menunggu lagi karena bisa terjadi terminal damage.

18

FEB