Seperti Ini Perawatan Dan Pengecekan Ban Cadangan Mobil

blog

Seperti Ini Perawatan Dan Pengecekan Ban Cadangan Mobil

  • Post by Admin
Sobat Kamoto, meski fungsi dari ban cadangan hanya sebagai ban pengganti di kala darurat, Tapi Sobat tetap harus menjaga kondisi ban cadangan mobil secara rutin ya. Tujuannya, agar ban cadangan tetap awet dan selalu dapat diandalkan ketika ingin digunakan Sob. Ban cadangan terbagi dalam dua jenis, yakni full size dan space saver. Untuk ban cadangan full size, ukurannya sama persis dengan ban utama. Sementara untuk ban cadangan space saver ukurannya lebih kecil.
Penggunaan ban cadangan space saver hanya bersifat sementara saja ya Sob dan bukan untuk digunakan dalam waktu yang lama, karena desainnya kurang ideal untuk pemakaian harian. Ban cadangan jenis space saver juga memiliki batas kecepatan maksimal yang tertera pada bagian pelek atau dinding ban. Karena letaknya tersembunyi, ban cadangan kerap terlupakan kondisinya. Untuk itu ini dia tips seputar pengecekan pada ban cadangan, agar awet lebih lama.
1. Bungkus Ban Cadangan Dengan Cover
Pada mobil jenis SUV yang menyimpan ban cadangan dengan cara digantung di pintu belakang, maka Sobat bisa menutupnya dengan memakai cover. Hal ini untuk mencegah agar ban tidak terkena sinar matahari secara langsung untuk waktu yang lama, sehingga membuatnya cepat rusak. Faktor alam, seperti sering terkena sinar matahari, hujan serta debu, bisa membuat ban mengalami penurunan kualitas.
2. Rutin Cek Kondisi Ban Cadangan
Penempatan ban cadangan di dalam bagasi atau di luar seperti pada SUV, berpotensi membuat kondisi ban cadangan menurun, terlebih pada elastisitas karetnya ketika terkena suhu panas dan lembab. Karenanya, Sobat harus selalu memperhatikan kondisi dari ban mobil kamu ya Sob. Bersihkan ban yang berdebu dari lumpur dan berbagai hal yang kotor. Untuk menjaga keelastisannya, Kamu juga harus memberi pelembab ban atau semir ban berkualitas yang bisa kamu beli di aksesoris dan perawatan mobil ya Sob.
3. Memeriksa Tekanan Angin Secara Rutin
Meski fungsinya hanya sebagai ban cadangan, bukan berarti boleh membiarkan kondisinya, terlebih pada tekanan anginnya. Karena jika tekanan angin pada ban cadangan Sobat terlalu rendah atau bahkan habis, membuatnya tak bisa digunakan pada saat darurat. Tekanan angin pada ban cadangan sebaiknya lebih tinggi daripada ban utama yang dipakai, sekitar 35 hingga 40 psi. Hal tersebut dilakukan untuk mengatisipasi jika ban cadangan tidak digunakan dalam waktu lama ban tidak digunakan. Sehingga, kemungkinan mengalami penurunan tekanan angin dengan sangat perlahan pun bisa dihindari.
4. Lakukan Rotasi Ban Serep
Ban yang tidak pernah dipakai, biasanya akan mengalami pengerasan pada konstruksinya sehingga bentuknya akan jadi tidak bulat sempurna dan pada akhirnya mengganggu kenyamanan atau bahkan pengendalian mobil.  Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka sebaiknya Sobat perlu melakukan rotasi ban cadangan secara berkala dengan ban utama yang sering dipakai. Rotasi ban dengan sistem Sistem berputar maju atau Sistem garis diagonal sangat dianjurkan karena melibatkan ban cadangan. 
5. Jika Ada Ban Bocor, Perbaiki Dengan Segera
Ketika ban bocor di jalan dan Sobat memutuskan untuk menggunakan ban cadangan, maka lakukan perbaikan pada ban yang bocor tersebut sesegera mungkin. Karena banyak kasus, terlebih pada pengguna ban cadangan tipe full size, pemilik mobil lupa untuk memperbaiki ban yang bocor. Sehingga ketika kembali mengalami kejadian ban bocor maka ban cadangan tak bisa lagi digunakan karena masih terpakai.

Source : https://carro.id/blog/tips-trik/tips-rawat-dan-pengecekan-pada-ban-cadangan-mobil/6316/

10

DEC