Mengenal truk Otonom, Kendaraan Canggih Masa Depan tanpa Sopir

blog

Mengenal truk Otonom, Kendaraan Canggih Masa Depan tanpa Sopir

  • Post by Admin

Kendaraan otonom bisa diartikan dengan kendaraan yang dapat melakukan pekerjaan sendiri, tanpa bantuan sopir atau awak, sesuai dengan tingkat kecanggihan kendaraan tersebut yang sudah di bagi menjadi beberapa level.Sejumlah merk truk terkemuka seperti misalnya Mercedes-Benz, MAN, Volvo dan Scania sudah melakukan serangkaian uji coba truk dengan kemudi otonom atau swakemudi ini yang menjanjikan biaya operasi kendaraan yang lebih efisien, menurunkan emisi gas buang dan membuat jalan raya lebih aman dari risiko kecelakaan.Society of Automotive Engineers (SAE) membagi teknologi otonom menjadi enam  tingkatan  mulai dari level 0 hingga level 5.

Level 0
Sistem  otonom  pada level ini  hanya sebatas memberikan peringatan dan melakukan intervensi  sesaat (tidak kontinyu). Fitur yang melekat antara lain pengereman darurat otomatis, peringatan blindspot, dan peringatan perpindahan jalur.
Level 1
Sistem otonom pada tingkatan ini memberikan bantuan kepada pengemudi untuk mengemudi, mengerem, menambah kecepatan dan menjaga kendaraan tetap di jalurnya. Kelengkapan fitur mencakup Level 0 ditambah antara lain pemusatan jalur, kontrol jelajah adaptif, dan pengereman darurat otomatis.
Level 2
Pada level ini, teknologi otonom sudah mampu mengatur pergerakan kendaraan dalam hal akselerasi, pengereman dan pengemudian sehingga pengemudi dapat melepas tangan dari kemudi. Kelengkapan fitur  standar berupa pemusatan jalur dan kontrol jelajah adaptif dab mampu bekerja simultan pada saat bersamaan.
Level 3
Kemampuan Level 3 memungkinkan teknologi otonom  untuk mengemudikan kendaraan dalam kondisi terbatas dan termasuk kondisi yang membutuhkan reaksi cepat. Namun pengemudi diwajibkan untuk melakukan intervensi setiap saat jika dibutuhkan. Contoh fitur Level 3  adalah Traffic Jam Chauffeur yang memungkinkan pengemudi untuk texting atau menonton film.
Level 4
Masuk Level 4, teknologi otonom semakin mandiri sehingga pengemudi bisa tidur dalam kendaraan atau sama sekali tanpa pengemudi. Namun intervensi pengemudi tetap dibutuhkan dalam kondisi tertentu. Contoh Level 4 adalah  robotic taxi atau  robotic delivery service.  
Level 5
Teknologi otonom penuh dan kemudi menjadi fitur opsional serta tidak butuh intervensi manusia. Contoh Level 5 adalah kendaraan robotik yang mampu bekerja secara otomatis dalam segala cuaca, segala  kondisi dan di mana saja.

https://www.gaikindo.or.id/mobil-tanpa-sopir-mengubah-masa-depan-industri-otomotif/

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif


01

MAR