Ini Cara Aman Berkendara Ketika Hujan Deras

blog

Ini Cara Aman Berkendara Ketika Hujan Deras

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Memasuki bulan Penghujan ini, beberapa daerah di Indonesia mulai sering diguyur hujan deras nih. Hal ini tentunya perlu disikapi dengan lebih hati-hati oleh kita para pengendara Sob. Berkendara di cuaca buruk tak hanya membutuhkan konsentrasi lebih tinggi, namun juga memerlukan dasar pengetahuan yang cukup, agar terhindar dari potensi celaka. Namun sayangnya, tak semua pengendara mengetahui tips berkendara yang aman di cuaca buruk, seperti hujan deras.
Tips berkendara yang aman padahal bisa Anda mulai dari hal yang sepintas sepele, namun ternyata berpengaruh besar terhadap keamanan dan kenyaman saat berkendara.
Berkendara saat hujan deras memang membutuhkan kewaspadaan yang ekstra ya Sob. Cek tips berikut sob agar semakin waspada.
1. KURANGI KECEPATAN
Yang pertama adalah dengan mengurangi kecepatan Sob. Karena, saat hujan deras visibilitas kamu bakal berkurang. Selain itu, jalanan juga licin Sob. Dengan mengurangi kecepatan, kamu memiliki kontrol lebih baik dan memiliki waktu yang cukup untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.
2. JAGA JARAK
Sama halnya, dengan jaga jarak Sobat memiliki cukup waktu dan ruang untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Idealnya Sob, Kamu disarankan untuk menjaga jarak minimal kurang lebih 3 detik dengan kendaraan di depan. Karena permukaan jalan yang licin akan membuat kerja komponen rem jadi berkurang.
3. HIDUPKAN LAMPU KENDARAAN
Sangat disarankan untuk menyalakan lampu kendaraan Anda. Saat visibilitas buruk, dengan menyalakan lampu kendaraan membuat posisi Anda lebih mudah untuk diketahui oleh pengguna jalan lainnya. Sehingga membantu menjaga kewaspadaan saat berkendara dan mengurangi resiko celaka.
4. JANGAN MENGGUNAKAN LAMPU HAZARD
Lampu hazard hanya boleh dinyalakan saat keadaan darurat dan mobil dalam keadaan diam. Jadi ketika Sobat menyalakan lampu hazard ketika berkendara saat hujan lebat, akan membuat pengguna jalan lainnya akan bingung untuk mengantisipasi Anda saat ingin berpindah jalur. Selain itu, cahaya saat lampu hazard dinyalakan juga berisiko menyilaukan pengguna jalan lainnya ya Sob.
5. ATUR SUHU AC MOBIL
Yang terakhir dan tak kalah penting adalah mengatur suhu AC mobil Kamu. Karena saat hujan lebat, suhu akan turun dan mudah mengundang embun pada kaca mobil, sehingga mengganggu visibilitas Anda saat berkendara. Atur suhu AC mobil Anda agar dapat membantu mencegah terjadinya pengembunan pada kaca dan spion mobil Sobat. 

Source :  https://carro.id/blog/tips-trik/6-tips-aman-berkendara-saat-hujan-deras/6219/

24

DEC