Beberapa Ciri Ini Tandanya Kompresor AC Bermasalah

blog

Beberapa Ciri Ini Tandanya Kompresor AC Bermasalah

  • Post by Admin
Sobat Kamoto - Usia kompresor sendiri memang relatif panjang. Jika dalam keadaan normal, kompresor AC bisa memiliki usia pakai antara 5 hingga 10 tahun. Namun jika sudah mulai bermasalah, komponen satu ini juga akan menimbulkan beberapa gejala. Berikut beberapa gejala kompresor AC mulai bermasalah agar Sobat dapat cek kondisinya.
-    Bunyi Berisik
Salah satu gejala kompresor yang mulai bermasalah yaitu timbulnya bunyi kasar atau yang dikenal dengan istilah ‘ngorok’ saat AC pertama kali dihidupkan. Bunyi berisik ini menandakan bahwa komponen internal pada kompresor sudah aus Sob atau bahkan rusak. Lebih detailnya, suara kasar diakibatkan dari piston atau bearing sudah aus hingga oli kompresor yang berkurang atau sudah jelek kualitasnya. Jika mendengar suara kasar saat dihidupkan, lekas periksa kondisi AC di bengkel terdekat ya Sob.
-    Suhu AC Perlahan Berkurang Kesejukannya
Gejala ini dikenal dengan istilah ‘kehilangan kompresi atau tekanan’ akibat kerja kompresor sudah mulai lemah. Saat pertama kali dinyalakan, memang terasa normal suhunya, namun perlahan berkurang kesejukannya. Jika dibiarkan, tekanan kompresor bisa hilang sama sekali Sob dan AC menjadi tidak dingin bahkan saat pertama kali dinyalakan.
-    Kebocoran Pada Freon
Kebocoran pada freon juga bisa menjadi gejala kompresor AC mulai lemah atau bermasalah. Gejala ini menandakan uap freon tak tersalurkan dengan optimal oleh kompresor. Jika terus dibiarkan, maka freon akan habis dalam hitungan bulan. Selain itu, kebocoran pada freon juga berbahaya jika terlalu lama terhisap oleh pengemudi atau penumpang, karena akan menyebabkan iritasi pada mata dan tenggorokan Sob. Bahkan kemungkinan terburuk dapat membuat tekanan darah meninggi hingga kerja jantung yang terganggu.
-    Suhu AC Kadang Dingin, Kadang Panas
Suhu AC yang kadang dingin lalu panas lalu dingin kembali menjadi salah satu gejala kompresor AC yang sudah mulai bermasalah. Umumnya komponen magnetik clutch-nya sudah lemah tuh Sob. Gejala tersebut awalnya terasa jarang terjadi, hingga kondisi magnetik clutch sudah terlalu lemah, maka suhu AC akan terasa panas, karena sirkulasi udara dan uap freon yang terganggu.


Source: https://carro.id/blog/tips-trik/4-ciri-ciri-kompresor-ac-yang-mulai-bermasalah/6197/

04

FEB