Era 90-an sampai 2000-an awal industri otomotif di Indonesia sendiri sudah cukup maju Kenapa bisa ya karena sudah banyak produsen yang menawarkan beberapa model mobil untuk konsumen Indonesia mau model sedan ada mau model SUV ada mau model Jeep juga ada selain itu di luar dari jenis mobilnya jenis mesinnya pun juga beragam ya walaupun hanya ada dua ragam aja sih yaitu bensin dan diesel namun uniknya di zaman itu beberapa produsen terkadang membuat mobil yang memiliki platform sama tapi menggunakan mesin yang berbeda contohnya di Kijang
Kapsul Kijang Kapsul oleh Toyota dijual dalam dua varian yaitu bensin atau diesel ya Sekali lagi ya mirip kayak Toyota Innova saat inilah
Kondisinya cukup berbeda dengan kala ini karena kita harus akui penjualan Toyota Innova diesel jauh lebih baik daripada bensinnya dan harganya pun juga jauh lebih mahal yang diesel daripada yang bensin kondisi ini cukup berbeda dengan zaman dulu mobil bensin akan selalu lebih mahal dan lebih laku daripada mobil diesel atau solar pertanyaannya Kenapa bisa mesin yang dulunya dibenci
atau kurang diminati saat ini malah menjadi dicintai dan begitu populer kita balik dulu nih ke era 0-an kala itu ada beberapa mobil yang menggunakan mesin diesel Ini contohnya ya Kijang Kapsul dan yang paling terkenal adalah Panther
Jika kita ingin sandingkan penjual mobil-mobil solar kala itu penjualannya sangat berbeda jauh Kenapa bisa ya karena kala itu banyak stigma-stigma aneh tentang mobil diesel yang pertama Tentu aja karena tenaganya yang sangat loyo Kenapa bisa loyo Ya tentu aja mesin diesel pasti akan lebih loyo daripada
mesin bensin ditambah kala itu tidak ada yang namanya mobil diesel pakai Turbo Jadi kalau pakai mobil diesel ya siap-siap sabar-sabar aja nginjak gasnya mobilnya ya pasti loyo banget Lalu Selain faktor loyo mesin diesel juga identik dengan mesin transportasi umum seperti Kopaja dan lainnya jadi kalau pakai mobil pribadi dan menggunakan mesin diesel rasanya seperti naik metro mini dan hal ini juga menjadi bahan pertimbangan lainnya kemudian faktor selanjutnya adalah mesin diesel cenderung jorok joroknya kenapa nih gini nih zaman dulu kalau mau punya mobil pribadi haruslah mobil yang bersih alias yang tidak mengeluarkan asap sedangkan kalau mobil diesel kalau itu ya kayak cumi-cumi saat ini bedanya adalah kalau dulu keluar asap itu ya itu berarti mobilnya kurangnya perawatan dan jika kalau udah begini biasanya bagian belakang mobilnya ada warna yang belang karena ketutupan asap HAM dari knalpotnya
Kemudian selain ngebul biasanya mobil diesel itu bau i baunya bikin pedih di mata selain bau kelemahan terbesar mesin diesel di era itu adalah
getarnya parah banget ya getar banget Jika kita ingin bandingkan dengan mobil bensin mobil diesel kala itu memiliki getitaran yang sangat dahsyat sehingga hal ini menjadi poin tambahan untuk tidak membeli mobil bermesin diesel jadi kelebihan satu-satunya mobil diesel kala itu ya tentu aja di harga solar yang sangat murah dan yang pasti mobil tersebut juga lebih irit daripada bensin Coba kalau kita bandingkan dengan zaman sekarang nih kalau dulunya nih harga solar mungkin hanya sepertiga dari harga bensin premium Nah kalau sekarang ya
makan lebih mahal
Nah inilah salah satu penyebab mesin diesel dibuat untuk mobil Jalan Raya Karena irit dan bensinnya murah tapi sayangnya dengan banyaknya kekurangan yang ada seperti mesinnya loyok penyakitan dan ngebul mobil diesel tidak laku daerah tersebut namun ketika kita masuk ke masa transisi di sekitar tahun 2006an mobil-mobil diesel mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia kenapa bisa ya mobil-mobil diesel di tahun transisi ini sudah menjadi lebih baik mobil diesel tahun ini sudah bebas asap hitam bebas bau yang sangat menyengat getarannya jadi lebih halus dan yang pasti lebih bertenaga Kenapa bisa bertenaga ya karena sudah menggunakan Turbo contohnya di pentter facelift di tahun 2 7 dan uniknya nih di masa transisi ini selain mobil diesel menjadi lebih baik muncul satu
Citra tambahan mobil diesel adalah mobil yang gagah Nah di sini nih peran penting dari era diesel karena dengan kata gagah ini ini seperti menjadi sebuah Kombinasi yang memainkan aspek psikologis dan daya beli masyarakat dan hasilnya Ya mobil diesel menjadi lebih laku tapi pertanyaannya Kenapa saat ini semua orang seakan-akan mengidamkan mobil-mobil diesel kekinian seperti Fortuner Innova diesel ataupun Pajero jawabannya baik lagi karena faktor gagah namun Selain faktor gagah mesin diesel saat ini sudah sangat relevan dan bisa bersaing dengan mesin bensin Kenapa bisa ya karena mesin diesel saat ini selain menggunakan Turbo sudah menggunakan common rail awalnya mesin diesel yang diperkenalkan mempunyai teknologi indirect injection tapi setelah itu mesin diesel berkembang ke direct injection di mana pembakaran langsungberada di atas piston dan hasilnya suara yang dihasilkan menjadi relatif lebih kasar dibandingkan indirect injection
Namun hasil akhirnya memiliki tenaga yang lebih baik dibandingkan indirect injection pada mesin diesel konvensional contohnya mekanisme penyemburan bahan bakar diatur oleh injection pump atau dikenal dengan istilah Boss pump injection pump inilah yang akan memoma bahan bakar ke silinder dan besarnya sistem tekanan injeksi dapat setinggi 200 Bar atau sekitar 3000 PSI Nah untuk common rail diesel sendiri sebenarnya berfungsi sebagai injection pump dan bahan bakar dari tangki bahan bakar disuplai ke akumulator dan kemudian dikirim melalui pipa ke injektor atau rel Lalu setelah hal tersebut terjadi bahan bakar kemudian langsung disuntikkan ke dalam ruang pembakaran melalui nozzle pada generasi pertama common rel nih tekanan bahan bakar berkisar antara 600 sampai 800 bar sedangkan pada generasi ketiga common rail diesel mampu menghasilkan tekanan bahan bakar hingga 1800 Bar atau 26.000 PSI hal ini bisa terjadi dikarenakan sistem comon rail generasi ketiga menggunakan injektor pizo elektrik yang lebih presisi dan keuntungan dari common rail adalah naiknya tingkat efisiensi mesin di mana dengan tekanan injeksi tinggi
Maka bahan bakar akan semakin irit dan tenaga jauh lebih baik Selain itu mesin juga akan menghasilkan Getaran yang lebih halus dan yang pasti mesin diesel modern biasanya dilengkapi dengan elektronic control unit atau Ecu di mana timing pengabmutan dapat dengan mudah dimanipulasi oleh pigb untuk untuk diperoleh tenaga yang lebih baik dan performa mesin diesel pun semakin menggila ketika teknologi comunril dipadukan dengan teknologi variabel nozzle turbo charger jadi dengan penjelasan tersebut makanya enggak heran jika mesin diesel modern mampu menyemburkan tenaga hingga 2 sampai 3 kali lipat dari diesel konvensional untuk kapasitas silinder yang sama dengan tenaga yang melimpah perawatan yang bisa dibilang cukup sama dengan mobil bensin bahkan terkadang lebih mudah dan yang pasti image-nya gagah mobil diesel semakin diminati di Indonesia dan satu lagi nih mobil diesel mungkin dulunya hanya identik dengan mobil bapak-bapak tapi stigma itu juga sudah hilang karena sekarang anak muda banyak yang mau pakai mobil diesel ini
walaupun ujung-ujungannya dijadiin kayak gini sih biar kelihatan mobil anak muda tapi nih ya tapi mobil diesel saat ini walaupun memiliki kelebihan mutlak atas mobil bensin seperti antiogok jika menerobos banjir namun jika kita melihat angka efisiensi bahan bakarnya sepertinya tidak berbeda jauh dengan mobil bensin yang mana ini jauh berbeda dari konsep awal mesin diesel diciptakan yaitu irit bahan bakar mobil-mobil diesel saat ini hanya memiliki jarak tempuh kurang lebih 1 banding 12 yang mana ini hampir mirip dengan mobil-mobil bensin bahkan beberapa mobil bensin ada yang lebih irit daripada mobil diesel saat ini jadi ya untuk mesin diesel saat ini ya digunakan bukanlah untuk mencari efisiensi lagi melainkan hanya untuk mencari suara kasar dan membuat mobil memiliki kesan gagah
Terus bagaimana masa depan mesin diesel ya karena tidak ada efisiensi dalam hal bahan bakar di pasar Eropa mesin diesel sudah dianggap tidak layak digunakan dan dalam beberapa tahun mendatang semua produsen akan menghentikan penjual mobil yang bermesin diesel di Eropa karena mobil bermesin diesel sudah tidak laku di sana namun kalau untuk pasar Indonesia sendiri sepertinya masih aman-aman aja sampai beberapa puluh tahun ke depan Kenapa bisa ya karena stigma mobil gagah dan mewah di mobil-mobil diesel saat ini akan terus melekat sampai kapanpun dan itulah alasannya mobil diesel dari yang dibenci saat ini begitu dicintai Bagaimana nih Menurut kalian Apakah ada alasan lainnya komen di kolom komentar di bawah ya dan jika kalian suka dengan video ini kalian bisa like dan subscribe channel ini dan sampai jumpa di video selanjutnya
https://www.youtube.com/watch?v=QutT-baXKic
#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif