'Mengapa truk berjalan lambat?'

blog

'Mengapa truk berjalan lambat?'

  • Post by Admin


“Kenapa truk berjalan lambat?” mungkin pertanyaan itu ada di benak Anda bahkan ketika melihat truk berada di lajur kanan. Tak hanya itu, truk bahkan tidak bisa berjalan dengan kecepatan tinggi meski berada di jalur bebas hambatan.

Biasanya jalan tol sendiri digunakan untuk kendaraan yang ingin cepat sampai tujuan atau untuk orang-orang yang ingin pergi ke luar kota. Jika biasanya mobil menggunakan kecepatan tinggi ketika lewat tol, lalu kenapa truk berjalan lambat?

Di tol sendiri biasanya memang menyediakan beberapa jalur. Tujuannya adalah agar jalan tol dapat mengakomodasi kendaraan yang menggunakan kecepatan lambat di sebelah kiri, dan mereka yang menggunakan kecepatan tinggi di jalur kanan.Lalu kenapa truk berjalan lambat? Berikut penjelasan lengkapnya!

1.Menjaga keamanan ketika di jalan
Alasan truk berjalan lambat di jalan raya dan jalan tol adalah faktor keamanan. Jika dibandingkan dengan kendaraan lain, truk tentunya memiliki ukuran dan juga muatan yang lebih besar.

Alasan tersebut dapat membuat truk memiliki pengaruh yang besar terhadap sistem pengereman. Perlu diketahui, sistem pengereman truk sendiri mengandalkannya.

Jadi, ketika tekanan semakin berat dan truk semakin cepat berjalan, hal tersebut dapat membuat sistem pengereman lebih cepat di musim panas. Jika hal itu terjadi, berakibat fatal jika kondisi rem menjadi rusak.

Berbeda dengan mobil atau kendaraan lainnya, truk yang berjalan dengan kecepatan tinggi tidak bisa melakukan pengereman secara tiba-tiba. Jika truk 6x2 yang memiliki muatan penuh berjalan dengan kecepatan 50km per jam, truk tersebut tidak bisa langsung berhenti mendadak.

Truk sopir memerlukan jarak beberapa belas atau puluh meter agar truk berhenti dengan sempurna. Jadi, itu adalah jawaban pertama dari pertanyaan "kenapa truk berjalan lambat?".

2. Memiliki banyak titik buta
Truk sendiri memiliki ukuran yang besar. Jika barang yang dibawa lebih tinggi dari ukuran truk, maka hal itu bisa menambah jumlah titik buta yang dimiliki.

Jenis truk memang menentukan banyaknya titik buta. Namun, untuk menghindari kecelakaan yang tentunya tidak diinginkan, menjaga jarak aman serta tidak melaju dengan kecepatan tinggi adalah usaha yang perlu dilakukan.

Ketika truk berjalan dengan kecepatan tinggi dan memiliki banyak sisi buta, tentunya hal ini bisa membahayakan. Terlebih lagi, seperti yang sudah diketahui, truk dengan kecepatan tinggi tidak bisa berhenti secara tiba-tiba.

3. Ban yang cepat panas serta drag yang besar
Alasan truk berjalan lebih lambat selanjutnya adalah karena hambatan angin. Truk memiliki bentuk yang tidak aerodinamis serta memiliki ground clearance yang tinggi. Hal tersebut meningkatkan risiko ketika melaju dengan kecepatan tinggi.

Jadi, semakin tinggi kecepatannya, maka buangan angin ke samping pun akan meningkat. Jika terjadi, hal ini bisa membahayakan kendaraan lain yang berada di samping truk.

Tak sampai sana, drag besar yang dimiliki truk juga menghambat laju kendaraan. Ban truk jadi lebih mudah panas jika dipaksakan melaju dengan kecepatan tinggi.

4. Menjaga keamanan barang bawaan
Bukan hanya mengutamakan keselamatan, truk juga harus mengutamakan keselamatan barang bawaan. Jadi, pengemudi pun perlu berhati-hati agar barang bawaannya tidak sampai rusak.

Dengan mengemudi dengan kecepatan yang lambat, barang bawaan akan mengalami goncangan minimal. Dengan demikian, kualitas barang pun jadi lebih terjaga selama proses distribusi dilakukan.

Jika barang yang diangkut berupa besi, pasir, semen, atau material bangunan, mungkin tidak akan terlalu berpengaruh. Namun berbeda halnya jika truk mengangkut barang elektronik, barang berbahaya atau barang berbahaya , barang pecah pecah, dan lain sebagainya.

Jika Anda mencari jasa logistik yang aman, Indotama Partner Logistics (IPL) adalah solusinya. IPL memiliki lebih dari 200 armada dengan berbagai jenis truk yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda. Tidak perlu khawatir, pengemudi IPL sudah dibor agar bisa mendistribusikan barang bawaan Anda dengan aman sampai tujuan.

https://indotamalogs.com/blog/4-alasan-mengapa-truk-selalu-berjalan-lambat

#KP #PastikanKP #KamotoParts #Sukucadang #Nyamanberkendara #Mobil #Truk #SparepartTruk #SparepartMobil #Bengkel #Sparepart #mekanik #MobilPerformance #TrukPower #MobilTrukParts #AutoParts #VehicleMaintenance #MaintenanceParts #ReliableParts #RoadWorthy #TrukLife #MobilAdventure #Otomotif #TipsOtomotif

06

SEP