TIGA ASPEK PENTING AGAR MESIN TURBO BEKERJA OPTIMAL

blog

TIGA ASPEK PENTING AGAR MESIN TURBO BEKERJA OPTIMAL

  • Post by Admin

Sobat Kamoto - Beberapa mobil terbaru sudah dilengkapi mesin turbo. Dengan kelengkapan mesin turbo didapat tenaga yang kuat dan bisa diandalkan untuk berbagai kondisi jalanan.
Namun mesin turbo juga butuh perawatan khusus Sob. Supaya mesin bisa mengeluarkan performa terbaiknya selama perjalanan, kamu wajib memperhatikan sejumlah aspek ini yah.

1. Menggati oli mesin secara teratur
Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi melindungi mesin dari keausan akibat gesekan komponen di dalamnya, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada. Kamu bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin. Jika volume pelumas sudah berkurang atau kondisinya sudah keruh, segera lakukan pergantian oli mesin Sob. Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

2. Memakai bahan bakar yang tepat
Agar mesin bisa melakukan pembakaran yang optimal maka perlu menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan minimal RON 92. Penggunaan bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu system pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil bekerja di level tertinggi.

3. Rutin membersihkan filter udara
Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Sehingga pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka kinerja turbo yang memanfaatkan udara akan menjadi tidak maksimal.

02

SEP